Sunday, March 25, 2018

Daftar Istilah Teknis Sumber Daya Air

agregat
material granular misalnya pasir, kerikil, batu pecah dan kerak tungku pijar yang digunakan bersama-sama dengan suatu media pengikat untuk membentuk suatu beton atau adukan semen hidraulik

agregat slag
limbah besi dan baja berbentuk bongkah panas yang telah diproses melalui penyemprotan air tekanan tinggi sehingga bongkahan slag pecah menjadi ukuran butir tertentu

air bersih
adalah air yang memenuhi baku mutu air bersih yang berlaku

alat daktilitas
alat yang digunakan untuk melakukan pengujian daktilitas aspal

alinyemen horizontal
proyeksi garis sumbu jalan pada bidang horizontal

alinyemen vertikal
proyeksi garis sumbu jalan pada bidang vertikal yang melalui sumbu jalan

aliran jet langit-langit
aliran asap panas di bawah langit-langit yang menyebar secara radial dari titik benturan plume api pada langit-langit tersebut

alokasi resiko
pembebanan atau pengalokasian resiko-resiko yang ada terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan/ proyek yang akan dikerjakan yang didasarkan pada prinsip pihak yang menanggung resiko sebaiknya adalah pihak yang paling mampu mengendalikan resiko tersebut

analisis dampak lingkungan hidup (ANDAL)
telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak besar dan penting suatu rencana usaha dan/atau kegiatan.

analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL)
kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

analisis resiko
proses identifikasi resiko, perkiraan kemungkinan kejadian serta evaluasi dampak potensial yang akan muncul dari suatu rencana kegiatan/ proyek secara kualitatif dan kuantitatif

anggota kelompok pemakai air
orang yang termasuk dalam kelompok yang memanfaat¬kan terminal air untuk mendapatkan air bersih.

angka ekivalen beban sumbu kendaraan (E)
angka yang menyatakan perbandingan tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh suatu lintasan beban sumbu kendaraan terhadap tingkat kerusakan yang ditimbulkan oleh satu lintasan beban sumbu standar

Angka indeks
pengali (koefisien) sebagai dasar perhitungan bahan baku dan upah kerja.Pd T-01-2005-A

antarmuka lapisan bersih
batas antara lapisan asap dengan udara bebas asap

api rancangan
kurva laju pelepasan kalor terhadap waktu yang dipilih sebagai masukan untuk perhitungan yang diuraikan dalam standar ini

arah
melintang mesin arah bidang bahan tegak lurus terhadap arah serat

area bangunan
bagian dari bangunan yang terdiri dari ruang-ruang yang mengelompok secara horisontal maupun vertikal yang disatukan secara fungsional membentuk satu identitas

asap
partikel padat atau cair yang melayang di udara dan gas yang ditimbulkan bila suatu bahan mengalami pirolisa atau pembakaran, bersama-sama dengan sejumlah udara yang terikutkan atau tercampur ke dalam massa tersebut

aspal keras
aspal keras merupakan residu destilasi minyak bumi yang bersifat viskoelastik

Biaya bahan
jumlah biaya berbagai bahan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan, didapat dari perkalian harga dasar satuan bahan dengan jumlah atau volume bahan yang dipakai.

Daya dukung
adalah kemampuan tanah untuk menahan tekanan atau beban bangunan pada tanah dengan aman tanpa menimbulkan keruntuhan geser dan penurunan berlebihan. (Daya dukung yang aman terhadap keruntuhan tidak berarti bahwa penurunan fondasi akan berada dalam batas-batas yang diizinkan. Oleh karena itu, analisis penurunan harus dilakukan karena umumnya bangunan peka terhadap penurunan yang berlebihan)

Daya dukung batas (ultimate bearing capacity = qu)
adalah kemampuan daya dukung rata-rata (beban per satuan luas), yang diperlukan untuk menimbulkan keruntuhan pada tanah atau peretakan (rupture) pada massa batuan pendukung.

Daya dukung diizinkan (qa)
adalah kemampuan daya dukung batas qu dibagi dengan sebuah faktor keamanan (FK) yang memadai, yang dinyatakan dengan qa = qu / FK atau Qa = Qu / FK.

Faktor keamanan (FK)
adalah nilai empiris yang membatasi aspek tertentu misalnya penurunan yang dapat diterima, walaupun secara ekonomik mungkin kurang menguntungkan.

faktor resiko
nilai yang digunakan untuk memberikan gambaran penilaian tingkat resiko suatu kejadian yang merupakan fungsi dari probabilitas kejadian dan konsekuensi resiko yang muncul

Fondasi
adalah bangunan bawah permukaan yang dapat dikelompokkan sebagai fondasi dangkal, fondasi dalam, dan bangunan penahan yang menyalurkan beban dari bangunan ke lapisan tanah di bawahnya.

Fondasi dalam
adalah fondasi yang ditempatkan dengan kedalaman D di bawah permukaan tanah sepanjang 4,5 m - 6 m (15 ft – 20 ft) atau sepanjang 60 m (200 ft) atau lebih. Jenis-jenis fondasi dalam terdiri atas tiang pancang, tiang bor atau kolom batu.

Fondasi dangkal
adalah fondasi yang ditempatkan dengan kedalaman D di bawah permukaan tanah yang kurang dari lebar minimum fondasi (B). Fondasi dangkal terdiri atas fondasi telapak, fondasi menerus, tembok menerus dan tikar (mats).

Formula campuran kerja, FCK (Job mix formula, JMF)
merupakan formula yang dipakai sebagai acuan untuk pembuatan campuran; formula tersebut harus sesuai dan memenuhi persyaratan; proses pembuatannya telah melalui beberapa tahapan yaitu dari mulai formula campuran rancangan, kemudian uji pencampuran di unit pencampur aspal dan uji penghamparan dan pemadatan di lapangan

Galian tanah berbatu
galian tanah pada lapisan tanah yang mengandung batu.

Galian tanah biasa
galian tanah pada lapisan tanah yang dapat digali dengan cangkul.

Galian tanah cadas
galian tanah pada lapisan tanah keras yang dapat digali dengan bantuan alat pemecah.

Galian tanah keras
galian tanah pada lapisan tanah padat tidak mudah pecah yang dapat dikerjakan dengan bantuan alat pemecah.

Galian tanah lumpur
galian tanah pada lapisan tanah lunak dan berair.

garis utuh atau solid
garis tidak terputus, memiliki panjang garis dan selang antara (interval) yang konsisten

Gempa dan getaran dinamik
adalah getaran siklik atau berulang akibat gaya gempa atau gempa bumi, getaran mesin, dan gangguan lain, seperti lalu-lintas kendaraan, peledakan dan pemancangan tiang, yang dapat menyebabkan meningkatnya tekanan air pori dalam tanah fondasi.

Indeks bahan
indeks kuantum yang menunjukkan kebutuhan bahan bangunan untuk setiap satuan jenis pekerjaan.

Indeks tenaga kerja
indeks kuantum yang menunjukkan kebutuhan waktu untuk mengerjakan setiap satuan jenis pekerjaan.

Jarak antar fondasi
adalah jarak antara fondasi yang dapat mempengaruhi daya dukung dan jika terlalu dekat hingga memotong zona keruntuhan.

Jaringan irigasi tersier
jaringan irigasi yang berfungsi sebagai prasarana pelayanan air irigasi dalam petak tersier yang terdiri dari saluran tersier, saluran kwarter dan saluran pembuang berikut bangunan pelengkapnya termasuk saluran irigasi air tanah beserta bangunannya.

Jumlah pekerja
jumlah tenaga kerja yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kedalaman fondasi
adalah kedalaman zona tanah yang dapat mempengaruhi peningkatan daya dukung tanah nonkohesif jika tanah merata, dan penurunan daya dukung fondasi yang mencapai lapisan lunak.

Kedalaman runtuhan
adalah kedalaman zona geser (H) yang dapat diperkirakan dengan menganggap bahwa kedalaman maksimum longsoran geser terjadi di bawah ujung fondasi.

Keruntuhan (failure)
adalah kondisi tegangan yang telah melampaui kekuatan maksimum material, atau kondisi telah terlampauinya besaran tegangan atau regangan batas yang direncanakan atau diperkirakan.

Keruntuhan dalam tanah pasir
adalah keruntuhan yang terjadi pada kedalaman relatif (D/B) dan kepadatan relatif pasir (DR) yang bervariasi. Kedalaman relatif kritis adalah kedalaman yang di bawahnya terjadi keruntuhan tumbuk (punch failure)

Keruntuhan geser (shear failure/failure by rupture)
keruntuhan pada tanah atau massa batuan pendukung jika pergerakan yang terjadi akibat tegangan-tegangan geser telah melampaui batas kekuatan, sehingga menyebabkan kerusakan serius dan membahayakan bangunan.

Keruntuhan geser lokal (local shear failure)
keruntuhan pada tanah atau massa batuan pendukung jika kuat geser batas telah terlampaui pada sebagian permukaan bidang longsor pada saat bangunan runtuh akibat pergerakan berlebihan.

Keruntuhan geser umum (general shear failure)
adalah keruntuhan pada tanah atau massa batuan pendukung jika kuat geser batas tanah telah terlampaui di seluruh permukaan bidang longsor pada saat bangunan runtuh akibat pergerakan yang berlebihan.

Keruntuhan tumbuk (punch failure)
keruntuhan pada tanah atau massa batuan pendukung jika kuat geser batas belum terlampaui pada sebagian permukaan bidang longsor pada saat bangunan runtuh akibat pergerakan yang berlangsung singkat dengan beban tiba-tiba.

Kriteria keruntuhan (failure criterion)
adalah spesifikasi kondisi mekanis jika material tidak berkesinambungan lagi atau telah berubah bentuk melampaui suatu kondisi batas tertentu. Kriteria ini didasarkan secara teoritis ataupun empiris dari kurva hubungan antara tegangan dan regangan yang menunjukkan telah terjadinya pola keruntuhan.

Kuat geser tanah
sifat struktur tanah anisotropis yang meliputi kuat geser tanah kohesif tidak terdrainase dan sudut geser tanah nonkohesif yang dipengaruhi oleh arah tegangan utama relatif terhadap arah pengendapan.

kurva fuller
kurva gradasi dimana kondisi campuran memiliki kepadatan maksimum dengan rongga diantara mineral agregat (VIM) yang minimum

masker gas khlor
suatu alat pelindung keselamatan kerja terhadap bahaya gas khlor pada pernapasan yang dilengkapi dengan tabung oksigen

Pemeriksaan dari Luar
External Audit

penanggung jawab terminal air
orang yang ditunjuk oleh pemakai terminal air untuk bertanggung jawab atas kesinambungan operasi dan pemeliharaan;Pt T-25-2000-C

pengoperasian terminal air
serang¬kaian kegiatan yang mencakup tata kerja dalam penyediaan dan pendistribusian air bersih kepada pemakai

pompa booster
pompa untuk meningkatkan pencampuran air dengan larutan gas khlor yang dibubuhkan;

program Pembangunan Jangka Menengah
Coorporate Plan

rasio gelombang berdiri (standing wave ratio)
perbandingan antara tekanan bunyi maksimum (antisimpul) terhadap tekanan bunyi minimum (simpul

Retak-pecah (fracture)
adalah istilah umum untuk segala jenis ketidak-sinambungan mekanis pada batuan, atau suatu kondisi diam pada kesinambungan mekanis badan batuan akibat tegangan yang melampaui kekuatan batuan, contohnya sesar (faults), kekar (joints), dan retakan (cracks).

reverberation meter
alat yang digunakan untuk pengukuran waktu dengung.RSNI T-05-2005

saluran samping jalan
saluran yang dibuat disisi kiri dan kanan badan jalan; saluran samping ini bisa terbuka atau tertutup (dibawah trotoar atau jalur hijau)

Satuan pekerjaan
satuan jenis kegiatan konstruksi bangunan yang dinyatakan dalam satuan panjang, luas, volume dan unit.

satuan pekerjaan
satuan jenis kegiatan konstruksi bangunan yang dinyatakan dalam satuan panjang, luas, volume dan unit.Revisi

separator
memisahkan dua jalur lalu lintas dengan arus yang searah, seperti memisahkan jalur lalu lintas cepat dan lambat atau memisahkan jalur dengan fungsi yang berbeda

sepertiga oktaf
interval antara dua gelombang bunyi yang memiliki perbandingan frekuensi 1 : 21/3.

Siaran
penghubung atau perekat antara batu belah yang satu dengan yang lain.

simpangan baku percepatan (SA)
simpangan baku pada percepatan

sisa khlor
konsentrasi kandungan khlor dalam air yang masih tersisa, setelah proses

slag
limbah dari proses pembuatan besi dan baja, yang berbentuk bongkahan

spesifikasi teknis
dokumen tertulis yang menetapkan persyaratan-persyaratan yang sesuai dengan parameter pelayanan atau kriteria khusus lainnya dibidang penanggulangan kebakaran yang dikehendaki oleh pemilik bangunan.

stabilisasi dangka
teknik stabilisasi untuk tanah lunak yang berada di dekat permukaan dengan cara mencampur dengan bahan stabilisasi semen atau menggunakan tiang cerucuk (short-piles) untuk peningkatan daya dukung tanah

stabilisasi dangkal dengan menggunakan semen
teknik stabilisasi dangkal pada tanah lempungan dengan bahan stabilisasi yang digunakan adalah semen dengan persentase campuran tertentu, berfungsi sebagai perbaikan tanah lunak, sedalam maksimum 1 meter dari permukaan tanah teknik stabilisasi dangkal pada tanah lempungan dengan bahan stabilisasi yang digunakan adalah semen dengan persentase campuran tertentu, berfungsi sebagai perbaikan tanah lunak, sedalam maksimum 1 meter dari permukaan tanah

stabilisasi dangkal dengan menggunakan tiang cerucuk
teknik stabilisasi dangkal pada tanah lunak dengan menggunakan tiang cerucuk (short-piles) berfungsi untuk menyebarkan tegangan ke lapisan tanah yang lebih dalam. Teknik ini digunakan pada tanah lunak

standar acuan
standar baku yang digunakan sebagai acuan dalam dokumen kontrak termasuk peraturan-peraturan pemerintah

struktur komposit
suatu bentuk struktur yang dapat terdiri atas dua bahan atau lebih yang berbeda yang bekerja bersama-sama dalam menahan beban yang bekerja

struktur pemanfaatan ruang
susunan dan tatanan komponen lingkungan alam hayati, lingkungan alam non-hayati, lingkungan buatan, dan lingkungan sosial yang secara hirarkis dan fungsional berhubungan satu sama lainnya membentuk tata ruang

suku bunga diskonto (discount rate)
suku bunga yang dikenakan oleh bank sentral atas pinjaman ke bank komersial, atau suku bunga yang dipakai untuk menghitung nilai sekarang dari berbagai aset.Pd T-18-2005-B, Pd T-19-2005-B

sumber bising
sumber bunyi yang kehadirannya dianggap mengganggu pendengaran baik dari sumber bergerak maupun tidak bergerak

swasta/ investor
pihak yang menanamkan modalnya pada suatu prospek kegiatan/ proyek tertentu untuk memperoleh keuntungan usaha

tabung benda uji
tabung tempat benda uji dipasang

tabung kosong
perangkat tabung uji dalam keadaan benda uji tidak terpasang

tabung utama
tabung paling besar dalam perangkat uji dimana gelombang berdiri terbentuk.

Tanah
campuran butiran mineral tanah berbentuk tidak teratur dari berbagai ukuran yang mengandung pori-pori di antaranya

Tanah kohesif
adalah material berbutir halus yang terdiri atas lanau atau lempung, yang mengandung atau tidak mengandung material organik.

tanah lunak
tanah yang memiliki kuat geser undrained lapangan kurang dari 40 kPa dan kompresibilitas tinggi

Tanah nonkohesif
adalah material butiran atau berbutir kasar dengan ukuran butiran terlihat secara visual dan tidak mempunyai kohesi atau adhesi antar butiran.

tangga kebakaran
tangga yang direncanakan khusus untuk penyelamatan bagi penghuni dari bahaya kebakaran

tanjakan rata-rata (RR)
tanjakan yang dihitung sebagai nilai rata-rata dari sejumlah data tanjakan (Ri) pada arah pengamatan yang sama

tapak
tempat dimana suatu bangunan akan didirikan

tapis lolos pita (bandpass-filter)
sebuah perangkat elektronik yang meneruskan serangkaian gelombang yang memiliki frekuensi di dalam rentang frekuensi yang ditentukan dan menghambat frekuensi di luar rentang frekuensi tersebut

tata guna lahan
penataan atau pengaturan penggunaan lahan di sepanjang jalan, yang ditata sedemikian rupa berdasarkan peruntukannya serta disesuaikan dengan fungsi jalan

tata ruang
wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang baik direncanakan maupun tidak.

tebal lapis tambah (overlay)
lapis perkerasan tambahan yang dipasang di atas konstruksi perkerasan yang ada dengan tujuan meningkatkan kekuatan struktur perkerasan yang ada agar dapat melayani lalu lintas yang direncanakan selama kurun waktu yang akan dating

Tebas tebang
adalah memotong dan membersihkan segala macam tumbuh-tumbuhan besar dan kecil. Pd T-01-2005-A

tekanan bunyi
perubahan tekanan statik rata-rata pada suatu medium ketika gelombang bunyi merambat melalui medium tersebut. Satuan tekanan bunyi yang umum digunakan adalah mikrobar. Rentang tekanan bunyi yang dapat didengar telinga normal adalah 2 x 10-4 – 200

terminal air
sarana pelayanan air bersih yang digunakan secara komunal, berupa tangki renampungan air yang ditempatkan di atas permukaan tanah dan pengisian air dilakukan dengan sistem curah dari mobil tangki air atau kapal tangki air

thin film oven test (TFOT)
oven yang digunakan untuk menguji penurunan berat, kekentalan dan daktilitas akibat pemanasan pada temperatur yang ditentukan RSNI S-01-2004

tingkat kebisingan
ukuran tinggi rendahnya kebisingan yang dinyatakan dalam satuan dB(A)

tingkat reduksi kebisingan atau Insertion Loss (IL)
efektifitas suatu bahan penghalang untuk mengurangi tingkat kebisingan dengan memantulkan dan menyerap energi gelombang suara

titik kontrol gradasi
batas-batas titik minimum dan maksimum untuk masing-masing gradasi yang digunakan gradasi agregat harus berada diantara titik kontrol tersebut

tol
sejumlah uang tertentu yang dibayarkan untuk penggunaan jalan tol

trotoar
jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan sumbu jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keselamatan pejalan kaki yang bersangkutan

turunan rata-rata (FR)
turunan yang dihitung sebagai nilai rata-rata dari sejumlah data turunan (Fi) pada arah pengamatan yang sama

Uji dilatometer datar (DMT=Dilatometer test)
adalah suatu metode uji yang menggunakan alat baca tekanan melalui pelat daun runcing yang didorong masuk ke dalam tanah, untuk membantu memperkirakan stratigrafi tanah dan tegangan lateral dalam keadaan diam (at rest lateral stresses), modulus elastisitas dan kuat geser pasir, lanau dan lempung

Uji geser baling (VST=vane shear test) atau uji baling lapangan (FV = field vane)
adalah uji lapangan yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kuat geser tidak terdrainase setempat dari lempung lunak-kaku dan lanau pada interval kedalaman 1 m (3,28 ft) atau lebih.

Uji penetrasi konus (CPT=Cone penetration test) atau uji sondir
uji lapangan yang paling terkenal di Indonesia, karena dapat dilakukan dengan cepat, ekonomis, dan memberikan gambaran profil lapisan tanah yang kontinu untuk digunakan dalam evaluasi karakteristik tanah. Uji CPT dapat digunakan dalam tanah lempung sangat lunak sampai pasir padat, tetapi tidak memadai untuk kerikil atau batuan. Pd T-02-2005-A

Uji penetrasi standar (SPT=Standard penetration test)
adalah uji yang dilaksanakan bersamaan dengan pengeboran untuk mengetahui baik perlawanan dinamik tanah maupun pengambilan contoh terganggu dengan teknik penumbukan. Uji SPT terdiri atas uji pemukulan tabung belah dinding tebal ke dalam tanah dan disertai pengukuran jumlah pukulan untuk memasukkan tabung belah sedalam 300 mm (1 ft) vertikal. Pd T-02-2005-A

Uji pressuremeter (Pressuremeter test= PMT
adalah uji lapangan yang terdiri atas probe silinder panjang yang dikembangkan secara radial di dalam tanah sekelilingnya, dengan menggunakan sejumlah cairan bertekanan pada waktu pemompaan probe. Data dapat diinterpretasi sebagai kurva hubungan tegangan-regangan-kekuatan secara lengkap. Alat pressuremeter diperkenalkan oleh seorang ahli Perancis Louis Menard pada tahun 1955. Pengujian dapat dilakukan dalam zona massa tanah yang lebih luas daripada uji lapangan lainnya

upah tenaga pemeliharaan kendaraan (UTP)
harga satuan upah tenaga pemeliharaan kendaraan. Satuannya Rupiah per jam

upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL)
upaya pemantauan komponen lingkungan hidup yang terkena dampak tidak besar dan tidak penting akibat dari rencana usaha dan/atau kegiatan. [PP RI Nomor 27 tahun 1999

upaya pengelolaan lingkungan hidup (UKL)
upaya penanganan dampak tidak besar dan/atau tidak penting terhadap lingkungan hidup yang ditimbulkan akibat dari rencana usaha dan/atau kegiatan. [PP RI Nomor 27 tahun 1999]

utilitas
fasilitas umum yang menyangkut kepentingan masyarakat banyak yang mempunyai sifat pelayanan lokal maupun wilayah di luar bangunan pelengkap dan perlengkapan jalan. Yang termasuk dalam fasilitas umum ini, antara lain jaringan listrik, jaringan telkom, jaringan air bersih, jaringan distribusi gas dan bahan bakar lainnya, jaringan sanitasi, dan sejenisnya

utilitas bangunan
sarana penunjang untuk pelayanan dalam bangunan

utiliti
jenis kendaraan angkutan serbaguna. Sebagai contoh mini bus, pick up, jenis boks

waktu dengung
lamanya waktu yang diperlukan agar energi bunyi dalam tabung uji berkurang menjadi satu-perjuta dari energi mula-mula setelah sumber bunyi dihentikan

zona bayang-bayang atau shadow zone
daerah yang ada di bagian belakang penghalang kebisingan yang bagian atasnya dibatasi oleh garis perambatan gelombang suara yang terbelokkan oleh bagian atas penghalang. Daerah ini merupakan daerah pengaruh efektif suatu penghalang kebisingan

zona terbatas
suatu zona yang terletak pada garis kepadatan maksimum (kurva fuller) antara ukuran menengah 2,36 mm (no. 8) atau 4,75 mm (no. 4) dan ukuran 300 mikron (no. 50); gradasi agregat diharapkan menghindari daerah ini

0 comments

Post a Comment